Ratusan Pelajar se-Kabupaten Tegal Ikuti Sosialisasi dan Workshop Festival Film Tegal 2019

Ratusan pelajar SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Tegal mengikuti Sosialisasi dan Workshop Festival Film Tegal (FFT) 2019 di Aula SMK 2 Slawi, Senin (30/9/2019). Mereka mengikuti Workshop Pengembangan Ide Cerita yang diisi oleh sutradara film ”Ruang Sunyi” Zacky Aulia El Syafiq

 

Sosialisasi dan Workshop FFT 2019 ini diawali dengan pembukaan, prakata panitia yang membahas mengenai tema Festival dan agenda-agenda ke depannya oleh Kusnianto selaku Diskominfo, sambutan oleh Dr. Ra. Wuninggar selaku Ka. Bid. Diseminasi Informasi dan Komunikasi, sambutan dari Tutuko Ahmad Maulida selaku perwakilan dari Sinema Pantura dan selanjutnya memasuki acara inti.

 

Dalam Sosialisasi dan Workshop FFT 2019 ada dua inti acara, yakni pertama, Sosialisasi Festival Film Tegal 2019 yang diisi oleh Aji Damargalih selaku Manajer Program Festival Film Tegal 2019. Aji membahas tentang persyaratan serta dan cara pendaftaran film festival. Para siswa-siswi aktif bertanya mengenai persyaratan umum dan khusus sekaligus menggali informasi lebiih jelas mengenai Festival Film Tegal 2019.

 

Kemudian, kedua, Workshop Pengembangan Ide Cerita yang diisi oleh Zacky Aulia El Syahiq selaku Sineas Tegal. Zacky membahas mengenai ide cerita dalam film. Beragam pertanyaan juga dilontarkan oleh siswa-siswi SMA/SMK & MA yang aktif bertanya dan berantusias.

 

Lebih lanjut, Zacky mengulas tahapan-tahapan pembuatan film, penokohan hingga teknik pembuatan sinopsis. ”Bagaimana menuangkan ide itu menarik, naratif dan penokohan yang tepat. Jadi film itu akan menarik,” ujarnya.

 

“Hal itu untuk memotivasi agar penguasaan teknik pembuatan film dipahami, sehingga hasilnya akan optimal, “ tegas Zacky.

 

“Setelah saya mengikuti acara ini, yang jelas mendapat banyak ilmu dan saya mengetahui tata cara membuat film dari A sampai Z, serta pentinganya ide cerita yang kuat. Setelah ini saya akan membagikan ilmu yang telah saya dapat kepada teman-teman sekaligus persiapan mengikuti Festival Film Tegal 2019. Festival Film Tegal 2019, KEREN !!!,” ujar salah satu peserta acara Sosialisasi & Workshop Pengembangan Ide Cerita Festival Film Tegal 2019.

 

Sosialisasi dan Workshop FFT 2019 berjalan dengan lancar dan khidmat, juga diiringi dukungan Diskominfo Kabupaten Tegal dan para sponsorship sekaligus publikator yang berpartisipasi. Kegiatan ini adalah kegiatan sosialisasi dan workshop kedua yang sebelumnya telah dilaksanakan di Taman Budaya Kota Tegal dengan dukungan oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Tegal dan diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Kota Tegal. Panitia FFT 2019 mengharapkan dengan diadakannya Sosialisasi dan Workshop Pengembangan Ide Cerita Festival Film Tegal 2019 ini para sineas Tegal Raya semakin inovatif, kreatif dan produktif tentunya.

 

Direncanakan, pembukaan Festival FIlm Tegal 2019 akan digelar pada 8 November 2019 mendatang. Sebelum pembukaan, pada 30 Oktober 2019 penyelenggara akan menerima karya-karya film baik dari pelajar, mahasiswa dan umum untuk diikutsertakan dalam Festival Film Tegal 2019.

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :