Bismillah, Yayasan Al Busyraa Bangun Masjid di Kota Tegal

Sesepuh Al Busyraa

KabareTegal – Yayasan Al Busyraa menggelar acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami Al Busyraa di Jalan Srigunting No. 42 Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Sabtu (9/10/21) siang. Yayasan yang dibentuk pada tahun 2020 ini untuk pertama kalinya mendirikan Masjid di Kota Tegal.

Masjid Jami Al Busyraa rencananya akan dibangun di atas tanah wakaf seluas kurang lebih 1100 meter persegi.

“Tanah ini adalah tanah wakaf dari keluarga besar Soewarto bin Setjowardojo, tadinya di sini ada tiga rumah yang kemudian diwakafkan untuk membangun Masjid Al Busyraa ini,” ucap sesepuh Yayasan Al Busyra Trisotjo Soewarto Setjowardoyo di sela acara, Sabtu (9/10/21).

Trisotjo yang merupakan putra ke 9 dari 10 keturunan Soewarto bin Setjowardoyo ini menambahkan bahwa dirinya sudah lama bermukim di luar Kota Tegal.

“Saya sudah lama pindah dari Kota Tegal, tahun 1964 pindah ke Jakarta. Kemudian tahun 1989 sampai sekarang saya dan keluarga tinggal di Bekasi,” tambahnya.

Salah satu inisiator berdirinya Ikatan Keluarga Besar tegal (IKBT) ini berharap agar pembangunan Masjid Jami Al Busyraa mendapat dukungan dari masyarakat Kota Tegal, khususnya di Kelurahan Randugunting.

“Semoga kehadiran masjid ini disambut dan didukung dengan baik oleh masyarakat, karena di sekitar sini belum ada masjid, baru ada beberapa musholla,” harapnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Humas Yaysan Al Busyraa yang akrab dipanggil Bunda Aash menyampaikan bahwa Yayasan Al Busyraa merupakan sebuah yayasan yang dikelola oleh keluarga besar Soewarto bin Setjowardojo.

“Awalnya memang sudah ada niat dari keluarga besar untuk mewakafkan tanahnya, karena diniatkan wakaf ini untuk pembangunan masjid akhirnya tanah seluas 1100 meter persegi ini diwakafkan ke Yayasan Al Busyraa yang dikelola oleh keluarga besar Soewarto bin Setjowardoyo,” jelasnya.

Nampak hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Al Busyraa H. Mei Listiyanto, Bendahara Thotok Widjayanto, Ketua Pembangunan Masjid Jami Al Busyraa Ali Wahyudi, dan Pelindung Yayasan yang juga anggota DPRD Kota Tegal H. Sutari, SH, MH. Selain itu hadir juga Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tegal Selatan H. Zamroni, S.Ag, M.Si, dan IKASMA ’69, ’73, dan ’82 serta putra-putri H. Soewarto Setjowardojo, kemudian perwakilan dari Kelurahan Randugunting beserta Ketua RW 006 beserta perwakilan RT dan warga setempat.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *