Film Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Piala Oscar ke-93 Tahun 2021

Perempuan Tanah Jahanam adalah film horor pertama yang menjadi wakil Indonesia di Piala Oscar sepanjang sejarah industri film Indonesia

 

KabareTegal, Jakarta, 10 November 2020 – Film Perempuan Tanah Jahanam (PTJ), dikenal di luar Indonesia dengan judul Impetigore, karya sutradara Joko Anwar resmi menjadi wakil Indonesia di kategori Best International Feature Film di Academy Award Ke-93 tahun 2021.

 

Film tersebut merupakan produksi perusahaan film Indonesia BASE Entertainment, dan Rapi Films bekerja sama dengan perusahaan film Hollywood Ivanhoe Pictures, dan perusahan Korea Selatan CJ Entertainment. Film kedelapan Joko Anwar ini dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia yang diketuai sineas Garin Nugroho dari 59 film Indonesia lain.

Menurut catatan Komite Seleksi Oscar Indonesia, proses penetapan terjadi pada salah satu puncak emas film Indonesia dengan adanya 140 film Indonesia dengan lebih dari 50 juta penonton di tahun 2019.

 

Sebelum menjadi wakil Indonesia di Piala Oscar, PTJ sudah meraih berbagai prestasi Internasional. Setelah terpilih untuk International Premiere di festival bergengsi Sundance Film Festival di Januari 2020, PTJ juga meraih Melies Award for Best Asian Film di Bucheon International Fantastic Film Festival 2020 di Korea Selatan. Selain di sirkuit film festival, PTJ juga tayang di bioskop di berbagai negara seperti Hong Kong, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

 

Sebelumnya Perempuan Tanah Jahanam mendapatkan 17 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020. Nominasi tersebut membuat PTJ memecahkan rekor sebagai film dengan nominasi terbanyak dalam sejarah Festival Film Indonesia.

 

PTJ adalah film horor pertama yang menjadi wakil Indonesia di Piala Oscar dalam sejarah. “Semoga Perempuan Tanah Jahanam bisa jadi representasi yang baik untuk film Indonesia dan membuat audien internasional ingin mengetahui lebih banyak tentang film Indonesia.” kata sutradara menyambut berita PTJ mewakili Indonesia di Oscar.

 

Produser BASE Entertainment, Shanty Harmayn menyambut antusias perjalanan film PTJ sejauh ini. “Perempuan Tanah Jahanam terus mengejutkan kami dari mulai terpilih untuk tayang di Sundance, hingga sekarang Academy Award. Ini adalah testamen bagaimana kekuatan unsur lokal yang dikemas apik di Perempuan Tanah Jahanam bisa menembus dan diterima oleh dunia film Internasional”, ujarnya.

 

Film PTJ bercerita tentang Maya (Tara Basro) dan sahabatnya, Dini (Marissa Anita) yang pergi ke desa asal Maya karena Maya mendapat petunjuk bahwa keluarganya kaya dan meninggalkan warisan yang banyak. Setibanya di desa itu, Maya mulai dihantui beberapa sosok anak yang sudah meninggal. Tapi, masalah hidupnya bukan hanya dihantui setan, tapi seluruh penduduk desa itu pun ternyata mengincarnya untuk suatu rencana yang mengerikan.

Film PTJ dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Christine Hakim, Asmara Abigail, Kiki Narendra, Tengku Rifnu, Zidni Hakim, Faradina Mufti, Abdurahman Arif, Mian Tiara, Eka Nusa Pertiwi, Aghiny Haque, Arswendy Bening Swara, Ramadhan Al Rasyid dan Ical Tanjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *