Tetap Optimis; Catatan NAGASWARA di Usia Muda 22 Tahun

KabareTegal – Selalu ada hikmah yang dapat kita petik dalam setiap perayaan ultah. Pada hari Kamis, 9 September 2021, label music & publishing NAGASWARA berada di usia muda penuh semangat, 22 tahun!

 

Perjalanan panjang, jatuh bangun, terutama di masa-masa pandemi seperti sekarang, cukup menempa NAGASWARA sebagai sehuah Label & Publishing dengan ratusan artis yang selalu percaya kepada perubahan positif di industri musik.

 

Hari ini tidak ada perayaan hari lahir NAGASWARA seperti tahun-tahun sebelumnya. Keadaan PPKM yang masih diperpanjang tidak memungkinkan untuk itu. Meski demikian, NAGASWARA adalah nama yang sudah terpatri di hati para artis dan karyawannya.

 

Nama NAGASWARA selalu diselipi doa di setiap hari ulang tahunnya, dan hari-hari yang terus berjalan, agar tetap eksis dan dapat memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada banyak orang, dan industri musik pada umumnya.

 

Kondisi industri musik kita sedang tidak asyik. Apalagi belakangan diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 yang sudah mendekati tahun kedua. Kegiatan-kegiatan artis yang selama ini hidup, terpaksa harus berhenti total. Kita berada di tengah suasana yang tidak terbaca terkait wabah global.

 

Menghadapi masa-masa sulit ini, NAGASWARA menyesuaikan diri, dan terus berbenah. Bisnis nyata mungkin benar-benar mati, tapi di lain sisi ada dunia digital yang wajib terus diberdayakan sesuai jaman.

 

Angin segar itu tetap ada selama kita optimis. Bahkan sekalipun dalam beberapa bulan terakhir ini, seluruh karyawan NAGASWARA harus menjalani tren baru bernama Work From Home atau WFH 100 persen!

 

NAGASWARA bersyukur, hingga hari ini NAGASWARA masih tetap beraktivitas dalam keterbatasan. Kami masih merilis lagu-lagu baru, bahkan memperkenalkan artis baru. Sekuat mungkin kita tetap berkreasi. Dengan cara itu kehidupan bisa terus dijalani.

 

Dari sebuah kantor kecil di Jalan Balipapan I No. 9B, Petojo – Jakarta Pusat, 9 September 1999 nama NAGASWARA dicanangkan. Label ini lahir dengan niat ideal, yakni membuka kesempatan kepada para musisi untuk berkarya.

 

Pada ulang tahun ke-13 di tahun 2012, NAGASWARA memperkenalkan Radio NAGASWARA FM Bogor. Di tahun  yang sama, NAGASWARA kembali menggelar ajang NAGASWARA Music Awards (NMA) 3 di Hong Kong.

 

Di tahun-tahun berikutnya, NAGASWARA membukukan berbagai perubahan dan raihan di industri musik. Namun, rasanya terlalu panjang jika harus dipaparkan satu persatu raihan dan prestasi tersebut. Yang pasti, hanya karena cinta kasih Tuhan Yang Maha Kuasa dan kerja keras, label musik ini masih eksis hingga sekarang

 

NAGASWARA tidak putus harapan. Pun, kondisi pandemi Covid-19 tidak akan memukul roboh semangat dan niat baik NAGASWARA untuk tetap eksis. Sekali lagi, harapan itu selalu ada, dan NAGASWARA percaya akan terjadi perubahan positif terhadap industri digital di masa-masa mendatang.

 

Selamat ulang tahun ke-22 NAGASWARA. No Music No Life!

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *