SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal: Semakin Pintar, Semakin Diminati

Pelan, tapi pasti. Begitulah geliat yang dilakukan SMK Diponegoro Lebaksiu  yang berdiri sejak tahun 2002. Mula-mula hanya membuka kelas Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di lima tahun dekade pertama. Kemudian melakukan perluasan jaringan dengan menambah tiga jurusan baru, yakni Farmasi Klinis Kesehatan (FKK), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL). Dengan Empat kejuruan yang ada tersebut sekolah yang beralamat di Jalan Raya Dukuhlo Lebaksiu ini terus berbenah baik sarana maupun prasarana pendukung kenyamanan kegiatan belajar-mengajar.

akreditasi

Berkat lomptan kemajuan tersebut maka  mulailah pengakreditasian. Mengenai akreditasi, sekolah yang berafiliasi ke LP Ma’arif NU ini telah memulainya sejak 2013 melalui Badan Sertifikasi Internasional WQA (Worldwide Quality Assurance) berkaitan dengan Manajemen Mutu untuk Kejuruan atau Program Studi yang ada hingga tahun 2014. Pada tahun 2017 melalui (ISSO 9001:2008) predikat “B” (Baik) dengan nilai akumulasi 87 masih disandangnya untuk Akreditasi Sekolah Berbasis Industri dan Ramah Lingkungan Hidup (ISSO 9001:2015) dari Badan Akreditasi ISO IAS (Integrated Assessment Services) hingga sekarang. IAS sendiri merupakan salah satu badan akreditasi terkemuka di Amerika Serikat.

 

Program Unggulan

SMK Diponegoro Lebaksiu memiliki beberapa program unggulan, diantaranya :

  1. Kelas Industri Astra Daihatsu

Program ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) “Daihatsu Sahabatku” dari PT. Daihatsu Indonesia yang bertujuan meningkatkan dan mematangkan kemampuan soft skill dan hard skill peserta didik agar mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri.

  1. Sadar Prestasi

Program ini merupakan daya dukung bagi program Pintar Bersama Daihatsu bukan saja terhadap bidang akademik melainkan juga program non akademik melalui penguatan dan pematangan Ekstrakurikuler (Pagar Nusa, Desain Grafis, PKS, Pramuka, Hadroh, Sekolah Sepak Bola, Bolavoli dll).

  1. Sadar Lingkungan

Program ini bertujuan meningkatkan etos kerja berdisiplin bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan termasuk di dalamnya Bersih dan Hijau Lingkungan sebagai perwujudan budaya kerja dunia perusahaan di lingkungan sekolah.

 

  1. Unit Produksi dan Bursa Kerja Khusus (BKK)

– Bank Mini dan Koperasi (unit produksi jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga/AKL)

– Peradaban Bengkel (Embrio unit produksi TOKR dan TBSM)

– Bursa Kerja Khusus (Aktif Rekruitmen Tenaga Kerja bagi Alumni SMK Diponegoro Lebaksiu maupun

Alumni sekolah lain).

 

  1. Sangat Terjangkau Berkualitas

Program ini merupakan kebijakan yang terjaga sejak berdirinya sekolah ini, yakni pembiayaan yang sangat terjangkau dan penuh toleransi, mengingat masyarakat sebagai mitra sekolah memiliki kemampuan ekonomi yang tidak sama. Meski begitu tetap menjaga kualitas pelayanan kepada Peserta Didik.

 

  1. Berbasis Pondok Pesantren (Tanfidul Quran)

Pada proses pembelajaran diterapkan sistem pondok pesantren yakni awal KBM dilakukan tadarus Juzz Amma dan di akhir kegiatan siswa diwajibkan membaca Asmaul Husna. Hal ini sangat selaras dengan Misi sekolah (Meningkatkan dan mengamalkan kegiatan keagamaan untuk menciptakan akhlakul kharimah).

Prestasi

Segudang prestasi telah diraihnya baik Bidang Akademik maupun Ekstrakurikuler, yang terbaru adalah :

– Juara III Turnamen Futsal Raion Cup 2019 (Tim Futsal)

– Juara III LKS Jurusan Farmasi Kab. Tegal 2019 – Cakhaya Pramudita

– Juara Harapan III LKS Jurusan TKRO Kab. Tegal 2019 – M. Husna

– Peringkat 8 LKS Jurusan Akuntansi Kab. Tegal 2019 – Ulfi Azizah

– Peringkat 8 LKS Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Kab. Tegal 2019 – Didik Yuwono

– Juara 1 Popda Kab. Tegal 2014 (Tim Sepakbola)

Serta lomba-lomba olahraga dan Kesenian lain sejak 2010 hingga 2019.

Penerimaan Peserta Didik Baru

Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 dibagi dalam dua tahap pendaftaran yakni:

– Pendaftaran Gelombang 1  : dari tanggal 15 Januari 2020 s.d 15 April 2020

– Pendaftaran Gelombang 2  : dari tanggal 16 April 2020 s.d 20 Juli 2020

 

“Kami stand by di sekretariat pendaftaran setiap hari dari pukul 07 pagi hingga jam 13 tengah hari. Gratis tidak ada uang pendaftaran dan (Gratis) tidak ada uang SPP. SMK Diponegoro Lebaksiu Sekolah Ramah Anak”, kata Rudi Hartono selaku Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru.

Informasi Pendaftaran :

Sekretariat : Jl. Raya Dukuhlo Lebaksiu Tegal 52461 Telp. (0283) 6191154.

Email : smkdiponegorolebaksiu@yahoo.co.id

Kontak person :

-Rudi Hartono (085201051659 WA)

-Masruchi  (087730594591 WA)

 

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :