Wakil Walikota Bekasi Apresiasi PT Indonesia Power & IKBT-BA Beri 1.000 Nasi Bungkus untuk Warga Jabodetabek

KabareTegal, Bekasi – Dalam rangka mendukung program Pemerintah TIDAK MUDIK, PT Indonesia Power menggandeng Ikatan Keluarga Besar Tegal – Bahari Ayu (IKBT-BA) dalam pemberian 1.000 Nasi Bungkus kepada yang memerlukannya. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara penyerahan bantuan yang dilakukan PT Indonesia Power dalam upaya pencegahan Covid-19 yang diserahkan secara simbolis pada Maret bulan lalu.

 

Untuk itu, Wakil Walikota Bekasi Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE, MM, memberi apresiasi kepada PT Indonesia Power dan IKBT-BA dalam program amal pemberian 1.000 nasi bungkus untuk warga JABODETABEK.

“Kita memberi apresiasi yang tinggi kepada PT Indonesia Power mewakili BUMN Peduli yang memberikan bantuan Paket 1.000 Nasi Bungkus untuk Warga JABODETABEK kerjasama dengan IKBT-BA yang dipusatkan di Kota Bekasi, “ kata Wakil Walikota Bekasi Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE, MM, dalam sambutannya, pada acara peresmian pemberian 1000 nasi bungkus Warteg kerja sama IKBT-BA & INDONESIA POWER di Warteg Harapan Indah JL. Raya Harapan Indah, Tanah Apit, Medan Satria, Harapan Indah, Bekasi, Senin (11/5/2020).

 

Tri Adhianto Tjahyono lebih lanjut menerangkan dukungannya. “Seperti diketahui Pemerintah Kota Bekasi untuk mendukung program pemerintah peduli terhadap Covid-19 banyak melakukan aksi sosial, “ tegasnya.

Adapun, Ketua Umum IKBT-BA & IKASMA, Tafakurrozak, menyampaikan, “Dengan niat baik IKBT-BA dan IKASMA mencoba menanggulangi pandemi Covid-19 dengan berbagai pihak untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.”

 

Setelah tahap awal IKBT-BA dan IKASMA merealisasikan bantuan sembako untuk 2.000 orang, masker 2500 pcs, baju Hazmat 100 buah, kaca mata Google medis 100 buah dan sanitizer 500 buah dalam rangka tidak mudik untuk penanggulangan pandemi Covid-19 terutama untuk memutus penyebarannya.

 

Tahap selanjutnya IKBT-BA bekerja sama dengan PT Indonesia Power menyalurkan bantuan 2.000 nasi bungkus warteg untuk masyarakat perantauan Tegal yang tinggal Jabodetabek dengan tujuan utama memberikan stimulus agar warga perantauan Tegal di Jabodetabek tidak mudik.

 

Acara seremonial pembagian nasi bungkus dengan menerapakan protokol kesehatan memakai masker dan physical distancing.

 

“IKBT-BA & IKASMA Bergerak memberikan bantuan 2.000 sembako dan 2.000 nasi bungkus sebagai jaring pengaman sosial untuk stimulus bagi warga perantauan dan para pedagang warteg,” tuturnya.

 

Warga perantauan dan Warteg sebagai sasaran utama karena mereka yang langsung terdampak pandemi Covid-19.

 

Warga perantauan Tegal di Jabodetabek yang berjumlah kurang lebih 350.000 orang umumnya bekerja disektor informal saat ini serba susah hidupnya.

 

Sedangkan warteg sebagai salah satu pelaku usaha kecil menengah juga mengalami kesulitan dalam penjualan maupun pembelian bahan baku pangan. Padahal warteg sebagai garda terdepan dalam menopang ekonomi masyarakat kecil dan menengah.

 

Bantuan CSR dari PT Indonesia Power dalam pembagian nasi bungkus kepada warteg memberikan multiplier efek dan added value, karena bisa menolong warteg sekaligus membantu pangan warga perantaun di Jabodetabek.

 

Dalam kesempatan ini pula IKBT-BA & IKASMA mengusulkan kepada pemerintah agar memberikan subsidi pembelian bahan baku pangan dan meringankan pajak atau menghilangkan pungutan apapun, mengingat warteg sebagai garda terdepan sebagai pelaku usaha kecil dalam menyediakan panganan untuk orang-orang yang biasanya berusaha pada sektor informal.

 

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa membantu dan meridhoi langkah-langkah kita semua keluar dari kemelut krisis pandemi Covid-19 yang mengancam kehidupan manusia di bumi Allah ini,” tandasnya.

Seusai acara Wakil Walikota didampingi Perwakilan PT Indonesia Power dan Ketua Pelaksana memberikan langsung bantuan secara simbolis Nasi Bungkus kepada para pekerja diantaranya penjaja es keliling, petugas cucian mobil, pelayan warung, pengemudi ojeg online, penyapu jalan, petugas keamanan dan pemelihara taman.

 

Peresmian Pemberian 1000 nasi bungkus Warteg kerja sama IKBT-BA & INDONESIA POWER itu dihadiri, antara lain: Wakil Walikota Bekasi Dr. H Tri Adhianto, Camat Medan Satria Lia Erlina, Danramil Kranji Mayor Sali, Kapolsek Medan Satria Kompol Agus, Kolonel Ridwan dari Mabes TNI, Direksi Indonesia Power yang diwakili M Syuhada Manager Eksternal Stakeholder Relation Head Office PT Indonesia Power, DR Tafakurrozak Ketum IKBT-BA & KETUM IKASMA dan Ir. Rachmat Sarkum, Ketua Bidang Sosial dan Kebencanaan IKBT-BA. (Istimewa)

 

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

2 Comments on “Wakil Walikota Bekasi Apresiasi PT Indonesia Power & IKBT-BA Beri 1.000 Nasi Bungkus untuk Warga Jabodetabek”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :