Sambut Hari Kebangkitan Nasional, Kowantara & IKBT Gelar Layanan Warteg Gratis

Setiap tanggal 20 Mei bangsa Indonesia memperingati momentum kebangkitan nasional, kebangkitan dari kebodohan, kebangkitan dari kemiskinan dan kebangkitan dari penjajahan, di masa pandemi Covid-19, bangsa ini tidak boleh menyerah karena kondisi keadaan yang menerpa bangsa yang besar ini, bangsa ini tidak boleh terpuruk karena wabah virus yang sedang menjangkit semua negara di dunia ini tak terkecuali, bangsa ini harus bangkit dari musibah pagebluk ini, bangsa ini harus menang dari bencana non alam ini.

 

Untuk itu Yayasan KOWANTARA (Komunitas Warung Nusantara) menggandeng IKBT (Ikatan Keluarga Besar Tegal) mengadakan layanan warteg gratis yang diadakan di Warteg Nambo Jaya, Jln. raya M Toha no 19 RT 01 RW 01, Kel. Nambo Jaya Kec Karawaci Tangerang Kota. Warteg Nambo Jaya ini juga tempat kesekreariatan Koordinator KOWANTARA wilayah Tangerang Kota.

Sucipto, SE, pemilik Warteg Nambo Jaya yang juga koordinator KOWANTARA wilayah Tangerang Kota menyatakan dalam kegiatan Layanan Warteg Gratis ini merupakan spontanitas warteg-warteg yang dikoordinirnya. “Untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid 19, dari kalangan supir angkot, ojeg online, pemulung, tukang parkir dan pekerja yang terkena PHK dimana di wilayah Tangerang Kota merupakan daerah industri serta masyarakat lainnya yang membutuhkan,” kata Sucipto.

 

“Selain itu, di bulan suci Ramadhan ini saling berbagi merupakan amalan yang dianjurkan di bulan penuh berkah dan ampunan ini,” imbuh pak haji penuh rasa syukur.

 

Sucipto lebih lanjut menerangkan, ditambahkan juga momentum hari Kebangkitan Nasional ini yang menginspirasi pelaksanaan layanan warteg gratis ini di tanggal 20 Mei 2020 untuk meningkatkan kembali semua komponen bangsa ini, baik dari warung Tegal, warung Padang, warung-warung lainnya dan semua masyarakat bangsa Indonesia untuk tergugah dan bersama  mari bersatu bangkit kembali walaupun dalam kondisi sulit akibat wabah Corona ini. “Untuk itu tema layanan warteg gratis ini #Bersama Melawan Corona, menyemangati ayo bangkit, ayo bangkit, jangan menyerah, badai pasti berlalu, “ pungkasnya

Adapun, Mukroni, Ketua Pengurus Yayasan Komunitas Warung Nusantara (KOWANTARA), menambahkan, bahwa pada hari Kamis acara layanan warteg diadakan di tiga tempat, yaitu Korwil Jakarta Pusat di Warteg Nurul H. Warto, Jl. Cik Ditiro 84 Menteng, Koordinator Wilayah Tangerang Kabupaten di Warteg Manggala Rojikin Jl. Kecubung Raya Blok J1 No 1 RT 06/07 Kel Bencongan Indah (Harkit), Kec. Kelapa Dua, Kab Tangerang, Jakarta Timur di Warteg Pakde Warjo Jl. Bukak Raya No. 10 RT 02/RW 015 Klender, Kec Duren Sawit, Jakarta Timur.

 

“Sedangkan, hari Jum’at di Warteg Sumber Rizki Agus Prasetyo Jl. Cendrawasih, Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan dan Warteg Ismail di Kramatjati Jakarta Timur, “ tegas Mukroni.

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :