Wali Kota Secara Resmi Lantik Pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal Periode 2021-2024

KabareTegal – Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono secara resmi melantik Pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) periode 2021-2024 di Ruang Adipura Komplek Balaikota Tegal, Minggu (26/9/2021).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tegal mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal serta menyampaikan beberapa harapan.

 

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal yang baru saja dilantik, saya berharap semoga amanah ini dapat dijalankan dengan tanggung jawab, jujur dan bisa menjalankan dengan baik,” ucapnya mantap.

 

Wali Kota berharap pengurus yang baru dapat maksimal dalam menjalankan roda organisasi dan bisa berkontribusi bagi perkembangan Kota Tegal.

 

“Saya minta untuk kantor Dewan Kesenian Kota Tegal yang di PPIB diperbaiki supaya bisa untuk berbagai macam kegiatan,” harapnya.

 

Wali Kota juga berharap, DKT dapat terdengar lagi gaungnya dengan kiprahnya yang dapat terlihat lagi dalam memajukan seni dan budaya Kota Tegal.

 

Wali Kota menegaskan, pelantikan ini menunjukkan bahwa masih ada kepedulian dan gejolak dari semua pihak untuk menggelorakan kembali kesenian di Kota Tegal. Dia meyakini, sesungguhnya Kota Tegal sebagai daerah pantai dan masyarakat pesisirnya memiliki kekayaan bukan hanya di bidang kelautan dan perikanan namun juga di bidang seni.

 

“Inilah yang harus dihidupkan kembali. Ditata lagi agar bibit-bibit seni yang sebenarnya tidak pernah mati ini memiliki kesempatan yang besar untuk tumbuh. Mendapat perhatian untuk dikenal dan berkembang pesat,” Dedy Yon menegaskan.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal, Yono Daryono memaparkan terkait perkembangan kesenian di Kota Tegal yang selama ini seolah kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Tegal.

 

“Untuk ke depan saya berharap bagaimana Pemkot Tegal dan seniman dapat bermitra, bersinergi dengan baik, juga agar ke depan bisa menggiatkan taman budaya,” tutur Yono Daryono.

 

Menurutnya, kemitraan yang dimaksud adalah bagaimana Pemkot Tegal dan DKT bersama-sama mewujudkan kesenian yang diharapkan akan dihidupkan di Kota Tegal.

 

“Bukan DKT berjalan hanya sekadar menggunakan anggaran yang ada, “ tandasnya.

 

Acara pelantikan pengurus Dewan Kesenian Kota Tegal dimeriahkan oleh Sanggar Elsando, Mintaragen, Tegal, yang menampilkan Tari Cundrik Mageti, dan juga penampilan khusus dari seniman asal Kabupaten Tegal, Apas Khafasy yang membacakan cerpen ‘Malang Sumirang’ karya Yono Daryono.

 

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tegal, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pemalang, serta sejumlah tokoh seniman (Istimewa).

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :