Sosialisasi Festival Film Tegal, Sinema Pantura Ajak Kaum Muda Jadi Generasi Bermanfaat

KabareTegal.com – Dalam rangka sosialisasi Festival Film Tegal, Sinema Pantura menggelar Workshop Pengembangan Ide Cerita Film dengan menghadirkan narasumber Sutradara Film Ruang Sunyi, Zacky Aulia El-Syahiq,

 

Bertempat di Taman Budaya Tegal, workshop tersebut diikuti puluhan pelajar SMA/SMK dan sederajat di Kota Tegal. Mereka dibekali bagaimana konsep dan teknik penceritaan dalam film. Sosialisasi juga sekaligus mempromosikan Festival Film Tegal yang saat ini sudah membuka pendaftaran.

 

Perwakilan Sinema Pantura Tutuko Ahmad Maulida mengatakan, bahwa melalui sosialisasi dan workshop ini, Sinema Pantura ingin mengajak kaum muda menjadi generasi yang lebih bermanfaat.

 

“Jadi anak-anak muda tidak melulu dengan sesuatu yang aneh dan viral, tapi di sini kita ajak untuk berkreasi dan menyalurkan bakat positif melalui film,” kata Tutuko di tengah acara Sosialisasi Festival Film Tegal dan Workshop Pengembangan Ide Cerita Film di Taman Budaya Tegal, Sabtu (14/9/2019).

 

Selain itu, Sinema Pantura juga ingin membantu bakat anak-anak muda Tegal supaya bisa ke tingkat Nasional.

 

“Kita mengucapkan terimakasih untuk Pemerintah Kota dan Kabupaten Tegal. Sebab, melalui Festival Film Tegal, semua bersatu bersinegri mengembangkan film daerah untuk bisa bersaing ke tingkat yang lebih bergengsi, “ tutur Tutuko penuh rasa syukur.

 

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Tegal Dinar Marnoto, antara lain,  mengatakan, lahirnya Festival Film Tegal berwal dari perbincangan ringan antara Wakil Bupati Tegal dengan Wakil Wali Kota Tegal.

 

“Keduanya mempunyai komitmen untuk bersinergi untuk berkembang bersama. Sebab, Tegal tidak lepas dari kota dan juga kabupaten, “ tegas Dinar Marnoto.

 

Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Aditya Warman S.Kom selaku Kasi Dinas Pendidikan Kota Tegal

 

Dalam acara, ada dua acara inti, yaitu pertama, Sosialisasi Festival Film Tegal 2019 yang diisi oleh Aji Damargalih selaku Manajer Program Festival. Sosialisasi ini membahas mengenai tema, pendaftaran, persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi peserta.

 

Kemudian, kedua, Workshop Pengembangan Ide Cerita yang dinarasumberi oleh Zacky Aulia El Syahiq selaku Sineas Tegal & Sutradara Film Ruang Sunyi.

 

Acara ini berlangsung secara khidmat & menyatu, serta berjalan dengan lancar, didukung dengan para sineas pelajar dari perwakilan SMA, SMK, MA Kota Tegal, yang berjumlah kurang lebih 30 sekolah di seluruh wilayah kota Tegal.

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :