IKBT BA Gelar Halal Bihalal Warga Tegal se-Jabodetabek Bertema ‘Sesrawungan, Saduluran, Guyub Rukun Salawase’

KabareTegal – Sudah menjadi sebuah tradisi, setelah lebaran memang banyak organisasi masyarakat yang selalu mengadakan acara Halal Bihalal. Begitu juga dengan Ikatan Keluarga Besar Tegal Bahari Ayu (IKBT-BA) se-Jabodetabek mengadakan acara Halal Bihalal di Gedung Nusantara IV Kompleks DPR/ MPR, Jakarta Pusat, Minggu (12/5/2024).

Mengusung tema ‘Sesrawungan, Saduluran, Guyub Rukun Salawase’, Halal Bihalal IKBT-BA ini diikuti oleh ratusan warga Tegal dari berbagai profesi yang tersebar se-Jabodetabek. Mereka tampak sangat antusias mengikuti acara yang gayeng ini dari awal hingga akhir acara.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu wajib ‘Indonesia Raya’ dan kemudian disuguhi dengan lantunan ayat suci Al-Quran.

Ketua Panitia Halal Bihalal IKBT-BA Heri Sisnoto, S.E. menyampaikan rasa syukurnya IKBT-BA  sebagai organisasi induk paguyuban-paguyuban wong Tegal di Jabodetabek bisa mengadakan acara Halal Bihalal di tempat yang sangat istimewa ini, Gedung DPR/ MPR. “Karena begitu banyak orang yang ingin merasakan kemewahan dan kemegahannya, “ ujarnya.

Lebih lanjut, Heri menerangkan tujuan diadakan acara Halal Bihalal. “Halal Bihalal ini digelar untuk mengeratkan ikatan silaturahmi yang selama ini sudah berjalan. Silaturahmi ini serasa begitu hangat, karena begitu banyak warga Tegal yang sangat antusias untuk bisa hadir pada acara Halal Bihalal IKBT-BA ini, “ terangnya.

Menurut Heri, hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan karena bisa berkumpul dalam acara Halal Bihalal IKBT-BA ini. “Setelah beberapa bulan lalu, kita disibukkan dengan Hajat Negara, yaitu Pemilu, Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan damai, dan hari ini kita bersatu kembali dan bergandengan tangan menjadi warga Tegal yang guyup dan rukun selalu mengutamakan kebersamaan, “ bebernya.

Heri menyampaikan kepada para tamu yang hadir dalam acara Halal Bihalal IKBT-BA ini, panitia menyediakan makanan khas Tegal, seperti Soto Tegal, Sate Tegal, Kupat Glabed, Tahu Aci, dan lain-lain. “Marilah kita nikmati acara Halal Bihalal IKBT-BA ini dengan penuh suka cita dan kebersamaan, “ pungkas Heri sumringah.

Setelah itu berturut-turut sambutan lainnya, mulai dari Ketua Harian IKBT-BA Eddy Budyarso, S.Pd., S.H., M.H., Ketua Umum IKBT-BA, Dr Tafakurrozak, MH., Ketua Umum Himpunan Pedagang Warteg Indonesia Rojikin Mandala, Sekjen Wantannas Laksdya (Purn) Dr Ir Harjo Susmoro, Ssos., M.H., KRT. H. Leles Sudarmanto, hingga sambutan Wakil Ketua MPR RI H. Ahmad Muzani, S.Sos, M.Si.

 

harapan, dukungan

Dalam sambutannya, antara lain. Ahmad Muzani menyampaikan harapan warung Tegal atau warteg bisa ikut kecipratan program unggulan makan siang dan susu gratis yang digagas presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Mudah-mudahan di antara banyak janji yang disampaikan dalam kampanye presiden, seperti makan siang gratis, minum susu gratis bagi anak-anak pelajar dan santri, mudah-mudahan warung Tegal bisa kecipratan,” ujarnya.

Menurut Muzani, warung Tegal yang kerap menjadi tempat makan bagi warga Jakarta itu mampu menyajikan makanan secara cepat, bergizi, dan terjangkau. “Di warung-warung Tegal berbagai macam sajian makanan disajikan dengan gampang dan enak. Di warung Tegal berbagai macam sajian makanan disajikan dengan harga murah dan terjangkau,” bebernya.

Bahkan, warung Tegal diminati hampir semua kalangan warga Jakarta, dari mulai kalangan menengah atas hingga bawah.

“Hampir tidak ada satu pun orang Jakarta yang terlewati untuk tidak makan di tempat warung Tegal. Semua orang Jakarta, yang gedongan, yang biasa, semuanya, mesti hampir semuanya pernah makan di warung Tegal. Jasa warung Tegal adalah memberi makan murah dan mudah kepada masyarakat Jakarta,” tuturnya.

Muzani juga mengucapkan terima kasih kepada paguyuban masyarakat Tegal atas dukungan yang diberikan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada kontestasi Pilpres 2024 hingga akhirnya ditetapkan sebagai pemenang.

“Deklarasi (dukungan) itu memberi arti penting bagi kami, bagi pemenangan Prabowo-Gibran di Jakarta dan di Tegal kabupaten/kota, bahkan sampai Brebes, Jawa Tengah. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh masyarakat Tegal pada Pak Prabowo,” kata Muzani kepada wartawan, seusai memberikan sambutan.

Meski demikian, Muzani menyebut bahwa harapannya agar warteg bisa ikut kecipratan dalam program unggulan makan siang dan susu gratis itu bersifat pendapat pribadi.

“Barangkali itu bisa menjadi salah satu opsi yang bisa dibikin, tapi itu lebih merupakan spontanitas pendapat saya,” pungkas Muzani optimis.

 

Acara Halal Bihalal IKBT-BA dihadiri oleh para pejabat publik yang berasal dari Tegal, di antaranya, H. Ahmad Muzani, S.Sos, M.Si. (Wakil Ketua MPR RI), Dr. Ir. Harris Turino Kurniawan, SH. M.Si., MM (Anggota DPR RI), Budi Joyo Santoso S.E, M.M (Anggota Komisioner KPPU), Drs. Kawiyan, M.I.Kom. (Komisioner KPAI), Laksdya (Purn) Dr Ir Harjo Susmoro, Ssos., M.H. (Sekjen Wantannas), Dadang Somantri (Pj. Wali Kota Tegal), Drg. Agus Dwi Sulistyantoro (Sekda Kota Tegal), Amir Makhmud (Sekda Kabupaten Tegal), KRT. H. Leles Sudarmanto (Ketua Umum Perkumpulan Paguyuban Jawa Tengah), Dr. Ir. Achmad Fachrodji (Direktur Utama Balai Pustaka), Rojikin Mandala (Ketua Umum Himpunan Pedagang Warteg Indonesia). Juga dihadiri Master Limbad dan penyanyi Velline Ratu Ayu.***

About AKHMAD SEKHU

Akhmad Sekhu, wartawan dan juga sastrawan. Buku puisinya: Penyeberangan ke Masa Depan (1997), Cakrawala Menjelang (2000). Sedangkan, novelnya: Jejak Gelisah (2005), Chemistry (2018), Pocinta (2021)

View all posts by AKHMAD SEKHU →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :